PT. INTER BUANA MANDIRI

Strategi Menghadapi Perubahan Jaman

BRANDING, CREATIVE DIRECTION & SOCIAL MEDIA ACTIVATION

Inter Buana Mandiri (IBM) sudah berdiri sejak tahun 1985 dan merupakan pemain lama di dunia distribusi makanan di Surabaya. Berangkat dengan nama dagang UD. Kapitan dan keberanian untuk mengimpor berbagai jenis makanan unik dan ‘tidak pasaran’, PT. IBM dipercaya untuk menjadi distributor tunggal dari berbagai brand makanan ternama dari luar negeri di Surabaya. Seiring berjalannya waktu, perlahan tapi pasti, PT. IBM menjadi salah satu pemasok makanan dan bahan makanan terbesar di Surabaya.

Namun, sekuat apapun sebuah kapal dan sehandal apapun kaptennya, kuatnya ombak yang menghantam tidak boleh diremehkan dan merupakan tantangan yang harus dihadapi untuk mencapai tujuan. Itu juga yang terjadi dengan PT. IBM. Bersamaan dengan berubahnya jaman, PT. IBM yang berbasis bisnis keluarga pun harus melakukan berbagai usaha dan perubahan untuk bertahan. Saat itulah FULLSTOP menjadi bagian dari PT. IBM dan memberikan navigasi serta support yang dibutuhkan Sang Kapten.

What We Do

IBM telah menjalin kerjasama dengan FULLSTOP sejak tahun 2012. Bahkan sejak saat itu, sudah banyak perubahan jaman yang terjadi mulai dari bangkitnya kesadaran akan pentingnya visual identity hingga penggunaan media sosial di dunia branding Indonesia. FULLSTOP mendampingi PT. IBM berstrategi dan melengkapi segala keperluannya menghadapi perubahan era dan pergantian generasi serta pembentukan PT. Jaya Putra Dewata yang merupakan anak perusahaan PT. IBM. PT. Jaya Putra Dewata bergerak di bidang pengemasan ulang dan merupakan milestone penting dalam pencapaian visi besar PT. IBM.

Keberadaan PT. Jaya Putra Dewata tentunya mengakibatkan perubahan angin dan haluan bagi PT. IBM. Kami telah melahirkan berbagai brand mandiri yang dikembangkan oleh FULLSTOP mulai dari visual identity hingga penetrasi pasar melalui offline events dan digital media. Segala aktivasi dan identitas visual PT. IBM kami sesuaikan dengan tujuannya menguatkan posisinya di dunia retail.

The Results

Setiap brand yang diciptakan oleh PT. IBM membawa misi dan visi besar perusahaan. Setiap aktifitas yang kami lakukan, dikerjakan dengan berbagai pertimbangan yang memperhitungkan tujuan dan perubahan yang memberikan dampak pada penerapan strategi PT. IBM. Dari pemikiran ini, kami menciptakan produk-produk yang bukan hanya ‘kekinian’ tapi yang dekat dengan pengguna dan bisa bertahan di rak supermarket terdekat Anda 5 bahkan 10 tahun ke depan and they will still be relevant.