Wizzmie Sukses Gara-Gara Siapa? Cari Tahu Jawabannya Di Sini!

Wizzmie Sukses Gara-Gara Siapa? Cari Tahu Jawabannya Di Sini!

Posted by Fullstop Indonesia on 15 March 2023

Wizzmie lagi, Wizzmie lagi ~

Yap, salah satu client FULLSTOP ini telah berhasil membuka cabang ke-6 nya pada 12 Maret lalu di Jalan Tunjungan. Belum setahun tapi sudah punya 6 cabang?! Amazing!

Wizzmie memang selalu sukses memberi warna baru untuk target audiencenya. Jujur, banyak banget client atau calon client, teman-teman family business owner, yang kalau ketemu sama FULLSTOP Branding Agency Indonesia, selalu kagum ketika mendengar bahwa FULLSTOP adalah branding agency official dan social media agency dari Wizzmie.

Tapi, kalau ditanya, Wizzmie sukses gara-gara FULLSTOP ya?

To be honest, kita akan jawab NO.

Bukan ya, Wizzmie sukses bukan gara-gara FULLSTOP. Walaupun memang FULLSTOP melakukan brand development, brand activation, dan marketing strategy untuk mempromosikan Wizzmie, tapi kesuksesan Wizzmie bukanlah 100% berkat branding agency Surabaya ini. Melainkan berkat tim operasional Wizzmie dan para business owner yang berani maju. Inilah faktor keberhasilan mie yang viral di Jatim ini.

Memang sih, branding strategy dan marketing strategy tentu punya andil dalam hal kesuksesan sebuah bisnis. Namun, kesuksesan Wizzmie tidak bisa diklaim hanya karena FULLSTOP. Di opening cabang ke-6 ini lagi-lagi antusiasme warga Surabaya dan sekitarnya tetap sama. Menghasilkan antrian pajang mengekor hingga Jalan Tunjungan penuh merupakan hasil dari kesuksesan opening Wizzmie cabang ke-6 ini.

Lantas, apa aja sih kunci sukses Wizzmie sampai bisa viral dan buka 6 cabang dalam beberapa bulan aja?

Marketing yang efektif

Kunci sukses pertama adalah brand activation dan marketing strategy yang TEPAT. Dibalik kesuksesan Wizzmie, Tim Adson FULLSTOP sangat memperhatikan betul saat menyeleksi KOL/Influencer yang tepat untuk marketing activation Wizzmie. Mengapa? Di cabangnya yang keenam tentunya dibutuhkan strategi baru agar audience tetap loyal mau datang ke Wizzmie lagi. Dengan ribuan list influencer, perlu adanya analisa dan research yang tepat agar brand identity Wizzmie tetap melekat di benak target marketnya. Memfilter KOL untuk marketing activation Wizzmie memang menjadi tugas utama FULLSTOP yang juga membutuhkan perhatian detail sebelum opening Wizzmie tiba. Meskipun beberapa influencer sudah paham dengan brand identity Wizzmie, namun mendatangkan customer baru dan loyal customer bukanlah PR yang gampang. Perlu adanya kecermatan tim Adson FULLSTOP untuk memberikan KOL yang akhirnya juga sukses membawa brand Wizzmie diterima oleh target marketnya.

Dan hal ini didukung dengan KOLABORASI APIK antara tim operasional dan tim social media agency. Tidak dapat dipungkiri, selain rasa makanan dan marketing strategy, target audience juga akan terpengaruh oleh seberapa bagus service dan kenyamanan yang diberikan selama di Wizzmie. Bisa bayangin kan, tamu pada saat opening sebanyak itu harus dilayani dengan tepat agar pelanggan dan customer baru Wizzmie tetap loyal. Nah, dari sinilah FULLSTOP juga belajar untuk memberikan informasi dan konten-konten yang tidak over-claiming. Sebagai branding agency Surabaya, FULLSTOP selalu mengukur bagaimana antara copywriting, konten design, dan konten video tetap selaras sehingga tidak menghasilkan ekspektasi yang overclaim (menjurus kearah bohong) di benak lebih dari 20 ribu followers Wizzmie. Merekam antusias pengunjung Wizzmie merupakan salah satu review paling jujur dan apa adanya dan hal ini termasuk branding strategy yang dapat menjadi marketing activation di setiap openingnya.

Ingat artikel FULLSTOP sebelumnya tentang buruknya overclaim? FULLSTOP selalu mention jangan terlalu berlebihan dalam melakukan marketing activation tanpa adanya user-experience yang juga jujur dan apa adanya. Kerjasama antara Wizzmie dan FULLSTOP adalah pemegang faktor penting. Menyamakan visi dan menyamakan persepsi akan membentuk satu kesatuan 50:50 di antara branding strategy dan marketing strategy yang Wizzmie dan FULLSTOP lakukan.

Opening new store Wizzmie yang selalu menggelegar

Buy 1 Get 1. Tiap kali Wizzmie buka cabang baru, selalu promo Buy 1 Get 1 yang dijalankan sebagai pancingan untuk menarik target audience berbondong-bondong datang ke store. Mungkin promo ini terlihat simpel, namun jika brand value dan social media activation-nya tidak kuat, jangan harap pengunjung opening Wizzmie akan selalu mengekor. Ya… untungnya, Wizzmie memiliki brand identity, brand position, dan marketing strategy yang efektif, sehingga antrian masih tetap mengekor bahkan ketika opening outlet ke-6!

Dengan harga yang sebenarnya sudah sangat terjangkau tanpa promo, salah satu marketing strategy Buy 1 Get 1 ini akan lebih menarik di mata target market Wizzmie. Diselaraskan dengan rasa aneka menu Wizzmie yang enak dan informasi yang FULLSTOP sampaikan melalui Official Account Wizzmie, promo ini selalu konsisten berhasil. Target audience pun ter-trigger seolah-olah mereka sudah punya hak milik terhadap produk tersebut.

“Gila makan mie di Wizzmie kalo pas opening murah banget!”

“Tambah dimsum dan lain-lain bahkan nggak nyampe 50 ribu!”

Yah, ibaratnya begitu persepsi target market Wizzmie saat menerima promo Buy 1 Get 1. Siapa sih yang akhirnya menolak ajakan untuk datang ke opening Wizzmie?

Nah di hari-H opening, FULLSTOP akan membantu marketing strategy ini ter-branding secara lebih rapi melalui konten-konten pada Official Account Wizzmie di Instagram. Dan dari sinilah fungsi FULLSTOP sebagai branding agency Surabaya berjalan.

Tim Wizzmie yang SUPER

Dan last but not least, kunci kesuksesan utama Wizzmie adalah orang-orangnya sendiri. Merekalah tonggak mengapa orang-orang masih mau mengantri sebegitu panjangnya di bawah terik sinar matahari untuk Wizzmie. Berkat pelayanan yang bagus, makanan yang konsisten selalu enak dan bikin nyaman, dan pengalaman baik selama di Wizzmie, arek-arek Suroboyo tidak pernah kapok untuk datang ke Wizzmie untuk kali kedua, kali ketiga, bahkan sampai seribu kali pun tidak masalah.

“Lebih sulit mempertahankan keberhasilan daripada mencapainya.”

Pernah dengar nasihat bijak ini, teman-teman? Yap, daripada proses launching pertama kali di Wizzmie Jemursari, lebih susah mempertahankan kesuksesan yang telah dicapai Wizzmie sejauh ini. Dan oleh karena itu, kunci kesuksesan utama Wizzmie adalah orang-orangnya sendiri yang SUPER. Tidak kenal lelah dan selalu bekerja dengan hati untuk arek-arek Suroboyo.

Wajar kalau ada sedikit blunder di tengah jalan. Emangnya ada bisnis yang tidak pernah kena semprot omelan customer? So, it’s a matter of mindset and problem-solving. Dan untungnya, seluruh tim Wizzmie, baik itu para front-end staff, manager, business owner, hingga FULLSTOP sebagai social media agency memiliki etos kerja yang sama. Alhasil, komunikasi pun lancar dan selalu ada jalan terbaik untuk segalanya.

Jadi, Wizzmie sukses gara-gara siapa?

Suksesnya Wizzmie adalah hasil kerja sama dan jerih payah seluruh tim yang turut membangun dan melancarkan bisnis mie pedas kekinian ini. Bukan cuma gara-gara branding agency-nya FULLSTOP aja ya teman-teman, hehe. Andil yang kita pegang hanya sebagian saja. The rest is all WIZZMIE, yang punya pondasi bagus sebagai salah satu franchise business di Surabaya.

Back To List Blog