Ini Trend-Trend Social Media di Tahun 2022 yang Harus Kamu Tahu (Bagian 2)

Ini Trend-Trend Social Media di Tahun 2022 yang Harus Kamu Tahu (Bagian 2)

Posted by Fullstop Indonesia on 02 March 2022

Melanjutkan artikel sebelumnya, ini adalah trend-trend yang harus kamu tahu di tahun 2022. Terutama buat kamu yang merupakan seorang Social Media Agency, Creative Worker, atau bahkan Branding Agency Indonesia yang wajib terus beradaptasi.

Inilah trend yang harus kamu tahu di 2022 seperti dikutip dalam Forbes bagian 2:

  1. Merebaknya Tema Giving Back dan Pencarian Arti yang Lebih Mendalam

Tema Giving Back dan Mencari Arti yang Lebih Mendalam dari sebuah merek akan menjadi penting di social media tahun ini. Kita akan semakin melihat banyaknya unggahan tentang charity dan sebagainya di social media sebuah merek atau perusahaan.

  1. Pertanggungjawaban sebuah Merek

Dengan mudahnya akses ke social media, konsumen akan semakin menuntut pertanggungjawaban sebuah merek terhadap barang-barang yang mereka jual. Hal ini berkaitan dengan sesuai atau tidaknya kualitas produk dengan apa yang mereka janjikan pada iklan-iklan yang mereka buat.

  1. Pemanfaatan Karyawan Sebagai Advokat dan Promotor

Trend social media yang sudah berlangsung sejak 2021 ini akan semakin marak di tahun 2022. Semakin banyak perusahaan yang akan memanfaatkan karyawan mereka untuk menjadi advokat dan promotor dari usaha mereka sekaligus mendorong karyawan tersebut untuk menjadi content creator dari perusahaan.

  1. Menarik Pasar dari Generasi yang Lebih Muda Lewat Siaran Langsung

Di tahun ini, semakin banyak merek yang menggunakan siaran langsung di berbagai platform media social seperti live instagram, live tiktok, live shopee dan lain sebagainya. Hal ini  merupakan langkah baru untuk bisa berkomunikasi dengan konsumen mereka. Selain itu, dengan adanya generasi muda yang lebih tertarik dengan konten berbasis video, siaran langsung ini menjadi salah satu alternatif menarik untuk mereka dapat engage dengan merek itu sendiri.

  1. Keaslian - Authentic Factor

Dengan semakin banyaknya berita hoax dan palsu di social media, orang-orang juga menuntut perusahaan untuk menjadi sosok yang asli, nyata, dan terlihat seperti ‘manusia’. Itulah sebabnya, perusahaan perlu menampilkan tantangan yang sedang dihadapi dan lebih empati pada klien terutama menjadikan merek lebih ‘manusia’ untuk konsumennya.

  1. Video TikTok yang Berbasis Pada User

Video Tiktok berbasis pada user ini akan semakin membuat pebisnis mempertimbangkannya sebagai outlet utama untuk kampanye brand awareness mereka di tahun ini.

  1. Memastikan Informasi yang dibagi Dapat Dipercaya

Masih berkaitan dengan banyaknya berita palsu dan hoax di dunia social media. Semakin banyak juga para calon konsumen yang akan memastikan bahwa informasi tentang produk atau jasa yang akan mereka gunakan tersebut valid dan dapat dipercaya. Mereka tidak ragu untuk menghabiskan beberapa waktu mereka untuk memeriksa keabsahan sebuah produk atau jasa.

  1. Penggunaan Social Media untuk Akuisisi Bakat

Pergeseran untuk menemukan bakat-bakat baru pada perusahaan semakin tampak di tahun 2022. Penggunaan social media untuk menemukan bakat-bakat terbaik akan semakin banyak digunakan. Penggunaannya juga bisa untuk mempromosikan value, misi, hingga kultur dari perusahaan sehingga bakat yang diakuisisi dari social media tadi juga bisa bertugas sebagai brand ambassador dari perusahaan tadi.

Itu tadi trend-trend yang harus kamu tahu di 2022 ini. Jadi, sudah siap untuk berubah menjadi perusahaan yang ‘melek’ terhadap trend terbaru? Jika kamu pekerja kreatif yang siap berkarya mengaplikasikan trend-trend di atas, ini waktunya untuk bergabung dengan branding agency kami, FULLSTOP. Check our recruitment detail here.

Back To List Blog