Akun Jualan Kena Banned Instagram, Pahami Hal Ini!

Akun Jualan Kena Banned Instagram, Pahami Hal Ini!

Posted by Fullstop Indonesia on 25 August 2021

Loh kok akun IG jualan saya kena banned? Tidak!! Reaksi pertama adalah panik karena banyak dari pengguna sosmed Instagram kadang belum mengetahui kenapa akun tiba-tiba terkena banned atau blokir.

Banned sendiri adalah kebijakan Instagram yang membatasi aktifitas pengguna karena telah menyalahi aturan penggunaan, ada banyak hal juga yang mempengaruhi kenapa blokir/banned Instagram bisa terjadi. Sebagai brand owner, atau pelaku bisnis keluarga Indonesia anda bisa mempelajari beberapa penyebab Instagram melakukan pembatasan aktifitas di lama sosial media.

Akun Instagram bisa di banned secara sementara dan juga permanen, ini dia beberapa kemungkinan hal yang sebabkan akun kena blokir:

  1. Terlalu Banyak Posting Di Waktu Yang Sama

Dari pengalaman Fullstop sebagai branding Indonesia mencermati penyebab kenapa akun bisa di blokir sementara oleh Instagram adalah karena terlalu banyak memuat konten dalam waktu yang berdekatan dan dibaca oleh mesin learning Instagram sebagai kegiatan yang terbilang melebihi batas posting harian.

  1. Banyak Spam Komen

Banyak orang memberikan komentar dalam jumlah yang banyak di satu waktu berdekatan juga menyebabkan akun anda terblokir secara otomatis oleh Instagram. Kegiatan ini bisa terlihat seperti bot yang melakukan hal yang sama dalam waktu yang sama. Jangan belebihan untuk melakukan komen pada akun yang anda kunjungi.

  1. Melebihi Batas Likes, Komen dan Follow

Ini juga menjadi salah satu hal yang sering luput dari perhatian pengguna sosmed terutama pada sosial media activation. Biasanya pengguna melakukan likes, comment dan follow pada banyak akun untuk menarik perhatian mereka agar melakukan “follow back” di akun yang kita jalankan.

Sebagai creative agency kamipun menyarankan pemilik bisnis bisa melakukan likes dan komen pada akun yang disuka namun jangan dilakukan secara intens di waktu yang berdekatan karena hal ini memicu banned/blokir oleh Instagram. Aplikasi jejaring ini memiliki batas aktfiitas yang bisa kita lakukan. Jadi harap lebih aware jika kita berniat memberikan support pada audience di Instagram.

  1. Melanggar Copyright

That’s right! Pelanggaran hak cipta adalah hal yang serius terutama di media internet dimana berjuta hal bisa diunggah kembali tanpa merujuk pada siapa yang memiliki hak atas karya tersebut. Instagram sendiri memiliki copyright terms untuk siapapun yang tidak berhati-hati dalam mengunggah konten dengan hak cipta orang lain di dalamnya. Misal background music pada video yang anda tayangkan, hasil foto milik orang lain tanpa seijin pemilik sengaja terunggah di akun anda, dll. Pastikan sebelum mengunggah sebuah konten anda mengetahui resiko dan juga pertanggung jawaban atas hal tersebut. Jika anda melanggar hak cipta ini resikonya adalah konten anda tidak bisa tayang dan akun bisa di banned sementara. Please make sure before you post!

  1. Dilaporkan Oleh Pengguna Lain

Banyak kasus akun dengan followers besar seperti selebriti, influencer, brand bisnis tiba-tiba terkena banned tanpa tahu penyebabnya. Bisa jadi salah satunya adalah pengguna yang melakukan report atau laporan pada akun anda. Apalagi jika pelapor tidak hanya 1 orang pengguna, alias banyak orang melakukan report pada akun yang sama maka tak jarang blokir akun pun bisa terjadi karena pihak Instagram mendapatkan laporan dari beberapa pengguna tersebut.

Itu dia 5 hal penting yang wajib anda cermati dahulu saat akun bisnis atau akun jualan tiba-tiba alami blokir dari Instagram. Jangan langsung panik, silakan dibaca dahulu pemberitahuan dari pihak Instagram dan tunggu sementara waktu hingga blokir sementara bisa terbuka. Jika masih belum bisa diakses dalam waktu yang lebih lama, Fullstop sebagai branding agency menyarankan anda untuk menuliskan report pada Instagram tentang kondisi akun. Sering-sering cek email anda karena tim Instagram sewaktu-waktu akan memberikan responnya di inbox email. Last but not least, jangan lupa untuk tetap aware dalam melakukan aktifitas sosial media dan digital marketing.

Temukan solusi kreatif branding dan digital marketing consultancy yang anda butuhkan dengan menghubungi kami di email hello@fullstopindonesia.com, atau silahkan mengisi data pribadi anda di kolom "CONTACT US" sebagai branding agency di Indonesia untuk membantu anda dan segala kebutuhan bisnis anda. Follow juga social media @fullstopindonesia 

 

Back To List Blog