Alasan Utama Kenapa Bisnis Kuliner Anda Butuh Social Media

Alasan Utama Kenapa Bisnis Kuliner Anda Butuh Social Media

Posted by Fullstop Indonesia on 15 September 2020

Hangout dan makan - makan santai bersama teman di sebuah cafe yang "Instagrammable" dan sedang viral, lalu mengabadikan foto makanan, mempostingnya ke dalam akun sosial media adalah hal yang sungguh lazim di masa kini untuk menambah nilai eksistensi seseorang. Bukan lagi sebuah rahasia di era digital seperti saat ini, peran sosial media dan strategi bisnis brand menjadi cukup erat. Pengguna sosial media di seluruh dunia menggunakan platform digital ini untuk mencari sumber informasi terupdate untuk apapun. Mulai dari membagikan postingan linimasa, mencari profil idola, brand favorit, membalas komentar, berbelanja online dan banyak lagi lainnya. Lalu, sepenting apa untuk sebuah brand mengoptimalisasikan akun sosial media  mereka? Jawabannya sangat penting.  Dari sudut pandang sebuah branding agency di Indonesia kami merasa, berbagai bisnis terutama bisnis kuliner sangat membutuhkan sosial media untuk menjadi perantara penyampaian untuk target marketnya. Kira-kira apa saja manfaat akun media sosial yang terawat dengan baik untuk pengembangan industri kuliner masa kini? Simak poin-poin penting berikut ini:

Improves Trust and Loyalty

Sebuah brand yang memikirkan dengan seksama tentang produk jual dan strategi konten di platform sosial media akan mendapatkan keuntungan dengan meningkatnya kepercayaan pelanggan dan juga kesetiaannya.

Contohnya: Brand yang membagikan postingan secara rutin dan terarah akan berefek pada target pelanggan yang  akan merasa mendapatkan informasi lengkap dan meningkatkan kepercayaan terhadap brand tersebut, apalagi untuk profil bisnis kuliner. Pelanggan akan lebih tertarik dengan konten yang "appealing" secara visual baik dari fotografi maupun caption yang membuat mereka semakin lekat dengan brand tersebut.

Brand Advocacy

Brand advocacy adalah sebuah strategi pemasaran dimana konsumen yang loyal dan menyukai merek Anda akan memberikan dukungan juga mempromosikan produk kuliner/ makanan kepada orang lain secara organik. Dengan strategi ini Anda tidak perlu khawatir dengan biaya pengeluaran pembuatan iklan atau promosi berbayar yang menghabiskan biaya mahal, cukup dengan menjaga kualitas branding produk, menjaga interaksi di sosial media dengan pelanggan juga tak lupa melakukan update konten sosial media yang menarik.

Brand Communication

Produk makanan atau bisnis kuliner akan mendapatkan feedback yang positif dan terus meningkat jika Anda sebagai pemilik bisnis juga senantiasa memikirkan tentang seberapa terjangkaunya produk anda. Misal dari segi harga, lokasi, ambience venue yang sesuai dengan brand Anda, semua hal itu bisa dikomunikasikan juga dalam konten sosial media dan profil bisnis di platform digital tersebut.

Staying Connected with Guests

Akun sosial media sebuah brand kuliner / makanan menjadi perantara yang cukup baik dan dibutuhkan oleh pelanggan. Semakin dekat sebuah brand berinteraksi dengan target market, maka semakin besar pula retensi pelayanan. Alangkah baiknya jika, brand yang aktif di sosial media selalu memberikan respon yang cepat kepada pelanggan yang membutuhkan layanan.

Provides Guests with Restaurant Updates

Membagikan update yang rutin di profil sosial media sebuah brand bisnis adalah hal yang sangat positif. Seorang pemilik bisnis harus dapat memposisikan diri sebagai pelanggan. Bisa dibayangkan betapa brand Anda bisa merugi jika sebenarnya memiliki kualitas baik namun jarang memberikan perkembangan hal baru yang berkaitan dengan produk di sosial media. Followers atau calon pelanggan tidak akan mengetahui hal-hal menguntungkan apa yang anda tawarkan karena kurangnya informasi tambahan tentang promo makanan atau tempat bisnis kuliner anda.

Itu dia beberapa manfaat platform sosial media untuk bisnis kuliner dan makanan di era digital bagi penggunanya. Dengan jumlah yang tiap tahunnya selalu bertambah, diharapkan kita dapat memanfaatkan antusiasme pengguna sosial media yang tersebar di banyak lokasi dan menjadikan mereka target pasar yang tepat bagi lini bisnis anda. Jika saat ini anda mengalami hambatan dan kesulitan untuk mengelola profil bisnis di platform sosial media seperti Instagram dan Facebook, maka dengan senang hati Fullstop Indonesia memberikan layanan untuk social media maintenance untuk brand Anda. Kindly discuss what you need and we'll gladly help you to understand the strategy for social media optimization for your brand and how to create a good retention too in Fullstop Indonesia "One Stop Creative Solution"

Back To List Blog