Choosing Music for Video

Choosing Music for Video

Posted by Tommy on 19 May 2020

Video adalah salah satu marketing tools yang sangat efektif dalam sebuah proses branding saat ini. Dan musik merupakan salah satu faktor yang penting dalam proses pembuatan video. Dengan adanya latar belakang musik sebagai pengisi suara video, video yang dibuat menjadi lebih menarik. Salah satu aspek mengapa musik adalah hal yang penting adalah, karena musik dapat mengatur emosi penontonnya. Seperti senang, bersemangat, hingga iba atau mellow. Karena itu, tim kami menyusun beberapa tips bagi Anda, untuk mencapai keberhasilan dalam memilih musik bagi video project yang Anda kerjakan.

Mengerti brand yang dikerjakan

Memahami terlebih dahulu konsep suatu brand, adalah langkah awal yang perlu dilakukan. Tentunya setiap brand memiliki soul berbeda, yang menjadikan identitas utama mereka sebagai keunikan tersendiri, terutama bagi para pelaku branding di Indonesia. Hal tersebut cukup mempengaruhi terhadap proses pembuatan video yang akan diproduksi, sebagai sebuah tolak ukur representasi yang akan divisualisasikan. Setelah memahami identitas terhadap suatu brand, langkah berikutnya adalah mengetahui tiap produk yang ditawarkan oleh brand tersebut. Dengan berbagai macam produk yang ada, beragam pula konsep video musik yang perlu disesuaikan. Karena pastinya dalam melakukan video campaign dan hingga periklanan, akan memiliki arti tersendiri pada tiap nuansa yang diberikan. Sehingga dengan memahami brand, akan mempengaruhi keberhasilan dalam proyek video yang Anda kerjakan.

Memahami keinginan client

Setiap videographer profesional, pasti memahami apa yang diinginkan oleh client dan tujuan dari brand mereka. Tentunya Anda pasti menginginkan keberhasilan bersama dalam suatu project kan? Penting bagi seorang videographer untuk mendengarkan terlebih dahulu, mengenai usulan konsep yang akan digunakan. Setelah itu catat dan pahami, kemudian berikan client Anda rekomendasi terbaik terhadap konsep video dan pemilihan musik yang akan dikerjakan. Hal tersebut penting dilakukan sebagai tindakan untuk menyamakan presepsi dan visi dalam suatu project. Keberhasilan oleh suatu video project, tidak terlepas dari komunikasi yang baik. Karena itu, kualitas dan pemilihan musik yang sukses akan terlihat dari banyaknya audiens yang menonton video dari brand tersebut dan kemudian mengingatnya.

Mengetahui kualitas raw pada video

Pemahaman tentang kualitas RAW terhadap video, yang akan diedit juga perlu diperhatikan. Karena hal tersebut akan mempengaruhi hasil dari video yang dibuat. File RAW memiliki pewarnaan yang murni langsung dari kamera, sehingga ukuran dan keseimbangan cahaya yang dihasilkan merupakan hasil original. Keuntungan file RAW adalah, Anda lebih leluasa dalam mengatur saturasi dan keseimbangan warna video. Kekurangannya adalah, size video yang besar perlu dikonversi terlebih dahulu, agar tidak terlalu berat dalam proses pemilihan latar belakang musik yang beragam.

Peka terhadap mood video

Pemberian musik pada video juga memerlukan kepekaan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa fungsi dari musik sendiri adalah untuk mengatur emosi penonton. Proses branding sangat erat kaitannya dengan emosi yang ingin kita ciptakan ini. Tentu hal ini memerlukan riset beberapa jam hingga hari dalam mencari musik yang diinginkan. Esensi dari riset tersebut yang akan menciptakan kepekaan terhadap mood yang dibawakan oleh suatu video. Salah satu cara untuk memahami mood dalam video adalah, dengan mengingat kembali kepada konsep utama yang dibawakan oleh suatu brand tertentu.

Memahami tempo dalam musik.

Pengaturan tempo musik perlu dikonsep dengan matang, untuk menghasilkan video musik yang baik. Dari intro hingga outro, akan menciptakan pengaruh yang besar dalam keberhasilan video. Dengan memahami tempo musik, video akan mampu membawa penonton untuk merasakan emosi yang dibawakan. Hal tersebut sejalan dengan kemampuan musik sebagai pengatur emosi. Namun, lebih dari itu dengan memahami tempo, video Anda akan mampu untuk memainkan emosi penonton. Yang pada akhirnya penonton mampu memahami pesan yang ingin disampaikan pada video tersebut.

Nah, itulah beberapa tips untuk memilih musik pada proyek video Anda. Apakah Anda sudah melibatkan pemakaian video dengan musik yang tepat dalam rangkaian proses branding Anda?

Back To List Blog