Tips Membuat Logo

Tips Membuat Logo

Posted by Achmad on 13 April 2020

Logo adalah sebuah identitas utama, yang melekat kepada suatu brand produk atau jasa. Sebuah logo juga merupakan hasil representasi yang diciptakan dari beragam kombinasi warna, tulisan, dan bentuk yang menyatu hingga kemudian membentuk sebuah ciri khas oleh suatu brand tertentu. Beberapa hal mendasar yang perlu Anda pahami sebelum membuat logo adalah:

Kenali bisnis yang akan dikerjakan

logo bukanlah hanya sebuah gambar biasa, seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa logo adalah kombinasi antara nama, simbol, dan elemen grafis lainnya, dengan tampilan visual yang unik sehingga mudah dibedakan dengan logo brand kompetitor. Hal ini yang kemudian membuat identitas bisnis Anda semakin jelas, dan memiliki value yang berbeda terhadap produk yang brand Anda tawarkan dengan bisnis-bisnis lain yang ada.

Prinsip dasar dalam pembuatan logo

Prinsip dasar yang pertama adalah kesederhanaan, yaitu bagaimana ukuran logo dapat mempengaruhi ingatan seseorang dalam mengenali suatu brand yang ada. Setelah itu konsumen akan mudah untuk mengingat produk dan familiar, terhadap suatu brand yang Anda tawarkan melalui kesederhanaan logo yang ada. Yang kedua adalah simple, dengan begitu logo akan mudah untuk digunakan pada berbagai produk yang ada. Setelah itu, logo yang digunakan juga harus mudah diingat. Banyak brand yang telah menerapkan kesederhanaan dan desain yang simple sehingga brand tersebut mudah diingat. Contohnya Apple, Nike, dan Pepsi. Yang kemudian logo tersebut dapat bertahan lama, dalam menghadapi segala tren yang ada. Dimana pada akhirnya, sebuah logo diperlukan untuk mudah diaplikasikan dalam semua media. Sebagai bentuk dari efisiensi logo tersebut, dalam memberikan value dari sebuah brand yang bersangkutan.

Perbanyak referensi logo

Dengan memperbanyak referensi logo, Anda dapat mengetahui brand mana yang tidak mengganti logonya sejak awal berdiri. Kemudian perhatikan brand yang tidak mengganti logo tersebut, bisa saja dikatakan bahwa mereka memiliki logo yang sukses. Artinya adalah mereka tidak merasa harus mengganti logonya, karena logo yang mereka gunakan terbukti mampu merepresentasikan visi dan misi terhadap brand mereka sehingga dapat bersaing seiring dengan perkembangan zaman. Hal ini membuktikan kembali bahwa logo yang dapat bertahan lama, adalah kunci utama dalam keberhasilan sebuah brand dalam memasarkan produknya. Contohnya adalah logo brand perlengkapan olahraga Nike, yang tetap konsisten dengan logo centang andalannya.

Proses pembuatan logo

Langkah pertama adalah membuat rancangan singkat desain, logo seperti apa yang ingin anda gunakan dimulai dari membuat rancangan desain yang singkat. Kemudian perlu juga adanya riset dan brainstorming dalam merancang desain yang ingin anda buat. Seperti, apakah logo dengan desain animasi vector cocok dengan brand Anda? Apakah sudah cukup merepresentasikan brand Anda? Kemudian jika sudah melakukan riset dan menemukan desain yang pas, maka saatnya membuat sketsa. Sketsa ringan akan membawa Anda kepada bagaimana kemudian Anda menentukan konsep terhadap logo yang dibuat. Apakah logo tersebut sudah sesuai dengan produk yang ditawarkan oleh brand Anda? Setelah menemukan konsep yang cocok, langkah selanjutnya adalah menentukan tipografi yang akan digunakan. Pada tahap ini Anda perlu memahami komposisi desain seperti warna, tulisan, dan bentuk yang akan digunakan untuk membuat visualisasi logo sesuai rancangan Anda, dan akan berakhir pada bagaimana Anda melakukan proses dalam eksekusi logo.

Itulah beberapa tips pembuatan logo untuk sebuah brand, semoga bermanfaat bagi Anda dan terimakasih.

 

Back To List Blog