5 Skill yang Dibutuhkan di Tahun 2020

5 Skill yang Dibutuhkan di Tahun 2020

Posted by Fatur on 21 August 2019

Tidak terasa kita telah memasuki bulan kedelapan di tahun 2019. Itu artinya, penghujung tahun semakin dekat. Jika Anda merasa waktu berjalan sangat cepat tanpa meninggalkan kesan atau pencapaian apa pun, maka ada baiknya Anda me-review ulang resolusi yang sudah dibuat pada awal tahun.

Seperti yang kita tahu, sekarang ini dunia tidak hanya sekadar berubah, melainkan terus berubah. Konten viral berganti setiap harinya, tren semakin lama semakin bergeser, dan teknologi terus dikembangkan agar pekerjaan semakin praktis. Lalu apa efeknya? Ketika dunia semakin maju maka kualitas sumber daya manusia juga harus di-upgrade mengikuti kebutuhan pasar. Kualitas yang dimaksud tidak terbatas hanya pada hardskill saja, melainkan juga softskill.

Apabila Anda masih belum punya gambaran yang jelas mengenai apa saja skill yang dibutuhkan di tahun 2020 mendatang, berikut kami merangkumnya khusus untuk Anda. Skill-skill ini tidak hanya krusial dimiliki oleh Anda yang ingin menjadi seorang profesional, tetapi juga bermanfaat untuk diaplikasikan dalam hidup Anda. Silakan simak bahasan berikut.

Complex Problem Solving

Di zaman ketika komputer sudah semakin pintar dan canggih, banyak posisi manusia yang tergantikan. Restoran fast food tidak butuh kasir, mereka sudah punya mesin self-service. Perusahaan marketplace tidak perlu customer service manusia, mereka punya chatbot. Di masa depan, pembantu rumah tangga mungkin tak lagi dibutuhkan karena robot semacam ASIMO yang lebih mutakhir telah diciptakan.

Namun, masih ada satu kemampuan yang belum dimiliki oleh komputer, yakni problem solving untuk menyelesaikan masalah rumit. Problem Solving disebut sebagai skill paling penting yang harus dimiliki seseorang. Skill ini berkembang secara alami. terbentuk melalui kerja keras dan serangkaian pengalaman hidup. Tidak ada kiat-kiat khusus untuk menjadi seorang problem solver, tetapi tentu saja Anda harus terbiasa menyelesaikan berbagai macam masalah—bukan menghindarinya.

Critical Thinking

Critical Thinking adalah kemampuan untuk memproses masalah secara jelas dan mendalam sehingga diperoleh pemikiran yang logis. Anda bisa berpikir kritis ketika Anda mempercayai penilaian Anda sendiri terhadap sesuatu, yang didasari dari kegiatan menganalisa dan menyimpulkan, alih-alih mengikuti opini orang lain begitu saja. Skill ini membutuhkan kesabaran dan kemampuan observasi yang baik. Selain itu, skill ini juga membantu Anda menciptakan ide-ide yang inovatif serta memahami hubungan yang logis di antara beragam informasi.

Creativity

Mesin membantu pekerjaan manusia selesai, tapi mesin tidak bisa bekerja dengan cara lain selain yang sudah diprogramkan. Mesin tidak bisa berpikir kreatif. Manusia lah yang bisa berpikir kreatif sehingga tercipta banyak inovasi mesin. Anda harus punya kreativitas yang tinggi agar produk atau jasa Anda tetap bisa bersaing dengan kompetitor. Apabila Anda seorang pekerja pun, perusahaan Anda akan selalu menuntut Anda untuk berpikir kreatif dan out of the box.

People Management

Skill lain yang tidak kalah pentingnya adalah People Management. Katakan lah Anda seseorang yang sangat bisa diandalkan dalam pekerjaan. Anda bisa mengerjakan semua tugas dengan efektif dan efisien sehingga Anda berhasil diangkat menjadi project leader. Nah, tim Anda mungkin belum mampu bekerja sebaik Anda. Di sinilah tugas Anda untuk untuk mengatur agar semuanya beres. Inilah yang menjadikan people management sangat penting. Seorang leader yang berhasil adalah leader yang mampu mengarahkan timnya hingga tujuan Anda tercapai.

Emotional Intelligence

Pernah menyaksikan rekan kerja yang mengamuk dan bersikap kasar kepada sesama rekannya? Jika pernah, mungkin rekan kerja Anda adalah salah satu orang dengan kecerdasan emosi yang buruk. Kecerdasan emosi adalah kemampuan untuk mengontrol dan mengatur emosi diri sendiri serta emosi orang lain. Kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor kesuksesan. Selain itu, kecerdasan emosional yang baik akan membantu Anda berkembang lebih cepat. Apabila Anda bisa mengontrol emosi Anda sendiri, maka Anda juga bisa mengontrol emosi orang lain. Poin inilah yang menjadikan kecerdasan emosional penting dalam leadership.

Nah, FULLSTOPPERS, berikut tadi 5 skill yang akan sangat diperlukan di tahun 2020. Yuk, sebelumnya waktunya tiba, mari kita mengisi kegiatan dengan hal-hal yang bisa membantu kita untuk berkembang lebih baik lagi.

Back To List Blog