Why Instagram Has Become So Successful

Why Instagram Has Become So Successful

Posted by Arief Budi on 12 September 2017

Bicara media sosial, siapa yang tidak kenal dengan Instagram? Media sosial satu ini bahkan tengah mencapai puncak ketenarannya saat ini sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2010 silam. Dengan spesifikasinya yang berfokus pada penyajian konten melalui bentuk gambar, Instagram mampu berkembang begitu pesat hingga sekarang baik dari segi penambahan fitur yang bermacam-macam dan jumlah pengguna yang mencapai ratusan juta di seluruh dunia.

Apa sebenarnya yang membuat Instagram begitu sukses? Bagaimana kaitannya dengan efektivitas branding bagi bisnis-bisnis di Indonesia?

Simple Interface

Bila dibandingkan dengan beragam aplikasi atau media sosial berbasis foto lainnya, Instagram tetaplah menjadi salah satu media sosial terbaik dengan desain antarmuka yang sederhana dan praktis untuk digunakan. Setiap pengguna bisa dengan mudah membagi kisah hidup mereka dalam bentuk foto maupun video kepada rekan-rekan mereka dan tetap updated terhadap apapun yang mereka sukai. Menariknya lagi, iklan-iklan di Instagram dikemas rapi agar tidak mengganggu kenyamanan pengguna saat mengakses timeline Instagram mereka.

Continuous Innovation

Instagram yang tidak berhenti berinovasi sehingga pengguna tidak jenuh. Dari awalnya yang hanya memfasilitasi pengguna dengan fitur upload photo dengan beragam filter standar, kini Instagram mengembangkan berbagai fiturnya agar bisa dinikmati perseorangan maupun bisnis. Seperti contohnya Instagram Story, InstaLive, Instagram for Business yang menghubungkan Instagram dengan Facebook, beraneka macam filter dan sticker, serta fitur swipe yang memudahkan pengguna mengupload lebih dari satu foto dalam satu post yang sama, dan juga beragam inovasi-inovasi interface lainnya yang dikembangkan. Hal ini tentunya sangat bisa dimanfaatkan oleh perseorangan atau pebisnis untuk melakukan kegiatan branding dengan maksimal.

Instantaneous

Kemudahan dan kesederhanaan Instagram baik dari sisi interface hingga penggunaannya sudah tidak diragukan lagi. Penggunaan hashtag untuk menemukan apapun yang Anda minati hingga memperoleh followers yang sesuai segmen adalah keunggulan Instagram. Hal inilah yang kemudian sangat tepat untuk dimanfaatkan oleh berbagai bisnis di Indonesia untuk meraih konsumen mereka melalui digital marketing dan branding dengan Instagram. Belum lagi dengan adanya Instagram for Business yang memang ditujukan untuk para pebisnis mengelola digital marketing mereka dengan baik melalui Instagram.

Bagaimana FULLSTOPPERS, apakah bisnis Anda sudah memakai Instagram?

Back To List Blog

Arief Budi
Arief Budi

Project Manager of Fullstop


Branding and Creative Agency in Surabaya, Indonesia

Edited By