Tantangan Dunia Digital Surabaya

Tantangan Dunia Digital Surabaya

Posted by Fen-Fen on 19 December 2017

Perubahan dunia secara digital terjadi begitu cepat dan selalu ada saja yang baru. Indonesia sebagai negara berkembang bisa dibilang tertinggal 4-5 tahun dari negara-negara maju di dunia secara teknologi digital tapi bukan berarti dampak cepatnya perkembangan ini tidak dirasakan. Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya mengalami perkembangan yang sangat luar biasa beberapa tahun terakhir bersamaan dengan berkembangnya dunia digital secara global. Mau tidak mau, Surabaya harus berusaha keras menerima perubahan demi mengejar ketinggalan.

The Challenge

Surabaya adalah kota perdagangan. Sebagai kota yang sebagian besar penduduknya berdagang, Surabaya sangat kental dengan cara-cara bisnis konvensional yang mengandalkan kepercayaan antar pelaku bisnis dan teknologi tradisional. Mengubah persepsi masyarakat Surabaya terhadap dunia digital bukanlah hal yang mudah. Bisnis berbasis online harus dengan susah payah meyakinkan penggunanya dalam soal sekuritas dan kemudahan. Beberapa tahun silam, bagi masyarakat Surabaya, jual beli yang transaksinya dilakukan secara online adalah tidak aman: ‘Bagaimana jika barang saya tidak pernah datang dan uang saya tidak bisa kembali?’ Sama halnya dengan jasa delivery dan transportasi berbasis online. Saya yakin, Surabaya adalah salah satu kota dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi untuk pentrasi dan familiarisasi transportasi online. Hal ini dikarenakan Surabaya cukup sulit menerima perubahan dan masih sangat konvensional secara pola pikir masyarakatnya. Tingkat kepercayaan pada jasa pun relatif rendah.

We Are Catching Up

Namun Kota Surabaya paham perlunya mengejar ketinggalan. Dengan semakin padatnya penduduk dan menjamurnya bisnis baru, mau tidak mau dunia digital harus dimasuki. Generasi X dan Y di Kota Pahlawan ini memiliki pola pikir yang lebih terbuka dan menjadi jalan masuk bagi berkembangnya pasar digital di Surabaya. Tanpa bisa dihindari, dunia digital juga berkembang secara luar biasa beberapa tahun terakhir di Surabaya. Pemanfaatan platform media sosial untuk bisnis dan branding juga berkembang secara luar biasa. Masyarakat menjadi lebih melek terhadap dunia digital dan paham pentingnya sebuah bisnis merambah ke dunia digital.

To Be There and Alive

Perubahan di dunia digital yang terus terjadi membuat tantangan untuk menjadikan Surabaya lebih ‘digital’ tidak ada habisnya. Masih banyak yang belum memahami pentingnya aktif di dunia digital. Aktif bukanlah hanya ada. Baik sekali jika bisnis Anda memiliki website yang menjelaskan bidang yang perusahaan Anda tekuni. Tapi kalau website Anda tidak pernah mengalami update dan refreshment selama setahun terakhir, ini saatnya Anda me-review dan memperbaharui website Anda.

Suatu brand bisa dikatakan sukses menjawab tantangan dunia digital  jika ia mampu mengaktivasi brand mereka dan membuat tren yang unik di masyarakat pengguna digital. Bukan hanya memiliki massa yang besar dengan jangkauan luas, tapi bagaimana brand tersebut mampu menggerakkan masyarakat sebagai jaringan media promosi digitalnya. Terkadang di dunia digital, membuat masyarakat memilih produk-produk dari brand kita tidaklah sulit. Hanya dibutuhkan foto yang menarik, iklan yang bombastis dan konsumen pun akan  berdatangan. Namun yang sulit adalah bagaimana brand tersebut bisa memberikan dampak dari online ke offline. Bagaimana bisnis Anda hidup di dua dunia ini secara bersamaan.

Back To List Blog

Fen-Fen
Fen-Fen

Operation Manager


Branding and Creative Agency in Surabaya, Indonesia

Edited By