The Essentials Building Your Brand on Social Media

The Essentials Building Your Brand on Social Media

Posted by Felicia on 20 June 2017

Di jaman yang serba digital ini, siapa sih yang tidak tahu yang namanya internet. Bahkan di negara kita yang sedang berkembang inipun lebih dari setengah jumlah penduduknya adalah pengguna internet. Ini juga berarti bahwa penggunaan media sosial di Indonesia terus meningkat dan semakin hari semakin populer di berbagai kalangan. Media sosialpun lambat laun menjadi sasaran dunia marketing bagi hampir semua jenis usaha dan bisnis di Indonesia. Media sosial dianggap mampu membangun brand khususnya dalam hal branding di Indonesia.

Membangun brand melalui media sosial bukanlah hal yang mudah dan bisa langsung dipraktikkan tanpa memikirkan hal-hal yang berkaitan dengan efektivitas. Terdapat beberapa pertimbangan sebelum memutuskan untuk terjun membangun brand melalui media sosial dengan efektif sehingga tidak membuang-buang waktu apalagi biaya, yaitu di antaranya:

Menentukan platform yang mendukung brand image Anda

Terdapat banyak sekali platform media sosial saat ini yang tidak perlu digunakan seluruhnya untuk melakukan branding di Indonesia. Cukup pilih platform yang mendukung tujuan Anda dalam membangun brand serta memberikan pengaruh yang berarti. Misalnya Facebook, platform ini memiliki pengguna yang sangat heterogen sehingga hampir semua bisnis bisa menggunakan Facebook untuk mempromosikan brand mereka. Atau Instagram yang lebih cocok digunakan untuk bisnis yang memiliki kebutuhan pada ‘gambar’, seperti perusahaan clothing atau kuliner. Perlukah bisnis Anda memiliki akun Twitter? Apakah akun LINE akan membantu?

Menyajikan konten yang bermutu dan shareable

Konten yang terfokus, bermanfaat, dan bisa dibagikan kembali kepada orang lain akan menciptakan reputasi brand yang lebih kuat. Penggunaan image atau konten visual lain diyakini dapat menarik lebih banyak minat bagi pengguna media sosial daripada sekadar tulisan.

Membangun hubungan dengan influencer

Bila brand Anda belum punya nama besar atau belum diketahui oleh orang lain, maka memanfaatkan influencer atau orang-orang berpengaruh di media sosial yang memiliki jumlah follower banyak dan engagement yang tinggi dapat menjadi strategi yang tepat untuk melakukan branding di Indonesia. Influencer dapat membantu menyebarkan brand atau konten Anda kepada follower mereka sehingga dapat meningkatkan brand awareness bagi brand Anda.

Bagaimana FULLSTOPPERS, tertarik untuk melakukan branding melalui media sosial?

Back To List Blog

Felicia
Felicia

Founder & Creative Director


Branding and Creative Agency in Surabaya, Indonesia

Edited By